Latest News

Friday, November 13, 2015

8 Mata Uang Paling Aneh Dan Unik Dari Seluruh Dunia

terutamasehat.blogspot.com - Uang tak harus selalu dalam bentuk uang receh logam atau uang kertas saja. Kadangkala bentuk uang bisa berbeda dari bentuk umumnya. Beberapa negara di seluruh penjuru dunia ada yang menerbitkan mata uang yang bersinar dalam gelap, berisi air suci di tiap koin logamnya atau malah bisa berpidato.

Kedengarannya mengada-ada, tapi begitulah faktanya. Dengan berbagai alasan, terbitlah bentuk uang yang aneh dan unik namun tetap bisa digunakan sebagai alat transaksi ekonomi. Berikut delapan bentuk mata uang yang aneh dan unik dari berbagai negara di dunia.


Uang Kayu Jerman


Setelah Perang Dunia I, Jerman jatuh ke dalam depresi ekonomi paling buruk dalam sejarah. Tingkat inflasi tak terkendali, yang memaksa banyak kota membuat mata uang sendiri yang disebut sebagai "Notgeld" atau uang darurat. Mata uang tersebut terbuat dari bahan apapun yang bisa mereka buat dengan tangan, termasuk dari bahan kayu seperti foto diatas. Saat ini, Notgeld menjadi benda koleksi yang sangat mahal dan selalu dicari orang.


Koin Pidato JFK di Mongolia


Ini mungkin mata uang paling aneh dalam daftar ini. Pada tahun 2007 Mongolia menerbitkan koin bergambar Presiden AS John F Kennedy. Ini cukup aneh mengapa Mongolia membuat gambar Presiden Amerika di mata uangnya. Tapi yang lebih aneh lagi, koin tersebut bisa mengeluarkan suara pidato terkenal JFK saat berada di Jerman Barat berjudul "Ich bin ein Berliner" atau "I am Berliner". Sampai sekarang masih belum jelas alasan mengapa Mongolia memutuskan membuat koin ini.

Ithaca Hours


Ithaca adalah sebuah kota hippies kecil yang terletak di bagian utara kota New York, tempat kampus terkenal; Universitas Cornell. Sejak 1991, kota ini menerbitkan mata uang sendiri yang disebut "Ithaca Hour". Mata uang ini dikeluarkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal kota tersebut. Hampir 900 usaha bisnis di Ithaca masih menerima mata uang ini.

Mata Uang Kamp Konsentrasi


Selama Holocaus, Nazi memperkenalkan uang yang hanya digunakan di dalam kamp-kamp konsentrasi dan pemukiman ghetto. Penggunaan pertama kali diketahui dimulai dari ghetto Lodz pada tahun 1940. Selama lima tahun kedepan, setiap kamp konsentrasi dan ghetto Jerman yang berada di Polandia, Cekoslovakia dan Belanda memiliki mata uangnya sendiri.

Koin Kanada yang bisa menyala dalam gelap


Mungkin hanya untuk bersenang-senang, Kanada menciptakan koin koleksi yang bisa berpendar dalam gelap. Koin itu bergambar seekor dinosaurus jenis Pachyrhinosaurus lakustai, yang fosilnya ditemukan di Alberta pada 1972. Di sisi sebelahnya bergambar Ratu Elizabeth, yang ini tak bercahaya.

Koin Air Suci Palau


Di tahun 2008, untuk memperingati ulang tahun ke 150 penampakan Perawan Maria di Lourdes, negara kepulauan Palau menerbitkan koin dolar perak dengan tabung kecil berisi air suci dari gua di Lordes, Perancis.

Uang Kertas Penghematan dari Zaire


Pada tahun 1997, rezim totaliter Joseph Mobutu, Pendiri Negara Afrika Zaire terjungkal. Akibat kondisi keuangan negara yang seret, Republik Demokratik Kongo, nama baru dari negara tersebut, memutuskan untuk melakukan penghematan. Mereka tidak mencetak mata uang baru, tapi hanya memotong bagian wajah pemimpin lama mereka dari lembaran kertas uang yang beredar. Alhasil, bertebaran-lah lembaran uang kertas bolong di seluruh negara Kongo.

Bitcoin


Bitcoin adalah mata uang digital. Tak ada yang mengontrol mata uang ini dan mata uang ini tidak dicetak. Nilai mata uang ini hanya tersimpan di server super komputer. Dalam beberapa tahun terakhir, Bitcoin menjadi semakin populer dan makin banyak bisnis online yang mulai menerima transaksi memakai mata uang jenis ini. Ini mungkin bisa disebut sebagai mata uang ghaib :)

No comments:

Post a Comment