Latest News

Thursday, November 19, 2015

Sepuluh Kegunaan Beras Yang Luar Biasa

terutamasehat.blogspot.com - Beras adalah makanan pokok di Indonesia dan sebagian besar penduduk dunia. Begitu populernya beras, hampir tak ada rumah tangga yang tak menyimpan beras di rumahnya.

Beras juga tidak hanya digunakan untuk dimasak dan dikonsumsi, ia ternyata memiliki banyak manfaat berguna untuk berbagai keperluan. Berikut adalah 10 kegunaan beras yang efisien dan murah.

1. Mengendurkan otot yang sakit

Jika kaki Anda terasa nyeri akibat beraktivitas seharian, atau bahkan mengalami cedera otot yang lebih serius, Anda bisa memanfaatkan beras untuk meringankan rasa sakit. Cukup isi kaus kaki bersih dengan beras secukupnya. Sesuaikan isi beras agar bisa pas dengan anatomi tubuh Anda, jadi jangan mengisinya terlalu padat.

Ikat ujung kaus kaki dengan tali lalu masukkan sedalam microwave selama satu menit (Jika Anda menginginkan beras yang lebih panas, tambah waktunya). Kini Anda memiliki kompres panas untuk mengendurkan otot Anda yang sakit. Panas beras akan bertahan cukup lama. Bila Anda belum memiliki microwave, beras dapat dipanaskan dengan cara di sangrai, tapi jangan sampai terlalu lama, cukup sampai beras menjadi panas.

2. Membersihkan botol dan vas bunga

Trik ini sangat sederhana tapi manjur. Botol dan vas bunga dengan leher yang sempit pasti sangat sulit untuk dibersihkan bagian dalamnya. Nah, beras dapat menjadi solusi untuk masalah tersebut. Tuangkan segenggam beras kering kedalam vas atau botol, dan tambahkan sedikit air sabun kedalamnya. Kocok botol selama beberapa saat, kemudian bilas. Kotoran akan hilang bersama beras,

3. Menyelamatkan benda elektronik

Beras tidak hanya mampu menyimpan panas dalam waktu lama, ia juga memiliki kemampuan menyerap kelembaban yang ampuh. Jadi jika ponsel, Tablet atau benda elektronik kecil Anda basah, jangan panik. Jika mungkin segera lepaskan baterainya, lalu letakkan semua bagiannya kedalam mangkuk berisi beras dan biarkan semalaman. Selagi kondisi basahnya tidak terlalu parah, Anda dapat menyelamatkan barang elktronik berharga Anda. Tips lengkap untuk bahasan lengkapnya dapat Anda baca di : Cara Mudah Perbaiki Ponsel Terkena Air .


4. Mengetes panas minyak

Jika Anda ingin mengecek apakah minyak Anda telah cukup panas sebelum digunakan untuk menggoreng, cukup masukkan beberapa butir beras kedalamnya. Jika beras mengambang dan tergoreng dipermukaan berarti minyak telah siap untuk digunakan.

5. Mempercepat pematangan buah

Pernahkah Anda membeli buah yang butuh waktu beberapa lama untuk matang, baru bisa dimakan? beberapa buah seperti sawo atau alpukat sering kita beli masih dalam keadaan mengkal. Anda dapat mempercepat pematangan buah dengan menyimpannya dalam wadah yang berisi beras. Trik ini bekerja sangat cepat, jadi pastikan Anda selalu mengecek tempat penyimpanan buah untuk memastikan buah tidak kematangan.

6. Mencegah penggumpalan garam

Kita tinggal di negara dengan kelembaban tinggi,  ini sering menyebabkan garam yang kita simpan menjadi lengket dan menggumpal. Karenya, Anda harus repot berjuang saat membubuhkan garam dari dalam botol. Beberapa restoran mengakali situasi ini dengan cara menambahkan sedikit beras ke dalam botol garamnya. Kelembaban udara akan diserap beras sehingga garam akan tetap kering dan mudah dikeluarkan dari botolnya, sementara karena lubang pengeluaran garam cukup kecil, beras takkan ikut keluar.

7. Membersihkan penggiling kopi dan bumbu

 Penggiling kopi dan bumbu rempah biasanya selalu sulit dibersihkan. Bekas rempah atau kopi yang menempel disela-sela mata pisau biasanya sangat lengket. Untuk mengatasinya, masukkan dan giling beras hingga menjadi bubuk. Blender Anda akan menjadi bersih kembali. Mata pisau Anda juga akan menjadi lebih tajam.

8. Mencegah peralatan Anda berkarat

Karat terjadi karena besi terlalu lama terpapar udara lembab. Karena beras mampu menyerap uap air di udara, maka dengan menambahkan beberapa genggam beras kedalam kotak peralatan Anda akan sangat berguna. Paku, kunci pas, skrup dan perlatan besi lainnya akan lebih tahan terhadap karat.

9. Mencerahkan kulit

Ketika menanak nasi, Anda pasti sering memasaknya dengan air berlebih (lebih baik dibanding dengan kurang air, sih). Dan biasanya air tajin berlebih tersebut kita buang begitu saja. Tapi sebenarnya air tajin punya manfaat yang baik untuk kulit Anda. Biarkan air tajin dingin lalu simpan dalam kulkas. Gunakan air tajin yang dingin tersebut untuk membersihkan kulit. Setelah ebebrapa waktu, kulit Anda akan tampak lebih cerah. Beras merah memberikan hasil yang lebih baik karena kaya akan vitamin E dan hanya perlu 3 hari untuk mendapatkan hasilnya.

10. Membuat susu beras

Susu beras bisa jadi alternatif minuman yang sangat mudah dibuat. Yang dibutuhkan hanya secangkir beras, 4 gelas air dan sedikit garam. Blender semua bahan  selama 1 menit (atau sampai halus). Simpan dalam lemari es dan nikmati setelah susu dingin. Anda dapat menambah gula bila ingin.

No comments:

Post a Comment