Latest News

Wednesday, May 18, 2016

Tips Agar Rumah Aman Dari Maling

terutamasehat.blogspot.com -  Berita kriminal setiap saat bermunculan di berbagai media. Nyaris tak ada wilayah yang benar-benar bebas dari aksi kejahatan. Perampokan, pembunuhan, atau pencurian terus terjadi, bahkan kejahatan pun telah marak di sekitar lingkungan kita.

Meski begitu, kebanyakan kita selalu berpikir positif kalau peristiwa tersebut tak akan terjadi kepada kita. Tidak salah memiliki sikap optimis, namun jika suatu ketika ada saat Anda harus melindungi diri dari kejahatan, terutama pencurian dan pembobolan rumah, jauh lebih baik bersiap daripada menyesal kemudian.

Penjahat akan terus-menerus beradaptasi untuk bisa beraksi dan lolos dari penegakan hukum. Karenanya, kita harus lebih pintar dari mereka. Tentu kita tidak ingin saat pulang melihat rumah kita habis digasak maling. Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan agar terhindar dari pencurian.

Bersihkan Sampah di Sekitar Rumah

Membuat sekitar rumah Anda tampak selalu bersih dari sampah sangat penting mencegah maling datang. Pekarangan rumah yang tak terurus bisa menjadi indikator operasi bagi para maling. Mereka akan mengira Anda adalah orang yang sibuk atau sedang pergi. Rumah yang sering kosong ditinggal pemiliknya adalah target utama para pelaku kriminal.

Pada beberapa kasus, kaki tangan maling menggunakan sampah sebagai media penanda kepada rekannya, yang akan menginformasikan apakah si pemilik rumah sedang ada di rumah, berapa orang yang berada di rumah dan informasi lainnya.

Selalu membersihkan pekarangan rumah Anda akan mengurangi resiko maling menyatroni rumah.

Jangan Rapikan Tempat Tidur Anda

Kedengarannya sedikit aneh, sementara rumah Anda harus tampak rapi dan bersih di luar namun membiarkan bagian dalam sedikit berantakan malah akan membuat rumah lebih aman.

Saat maling mengintai rumah calon target, mereka akan memeriksa tempat tidur untuk memastikan apakah dalam keadaan rapi atau berantakan. Bila kasur dalam keadaan rapi, itu bisa menjadi indikator yang baik yang menandakan pemilik rumah sedang keluar, dan rumah tersebut adalah target empuk.

Namun bila tempat tidur berantakan, maling biasanya memilih untuk pergi, karena kasur berantakan menandakan seseorang sedang berada di rumah.

Jadi, jika Anda butuh alasan untuk tidak membereskan tempat tidur karena malas, bilang saja itu sengaja biar maling takut.



Pasang Sistem Keamanan Palsu

Salah satu cara paling efektif untuk mencegah tindakan kriminal di rumah Anda adalah dengan memasang sistem keamanan. Tapi tentu saja sistem ini sangat mahal dan sulit dipasang.

Dalam keadaan darurat (sampai Anda punya cukup uang untuk membelinya), Anda dapat mempertimbangkan hanya memasang tanda atau stiker yang menunjukkan kalau Anda memiliki sistem pengamanan di rumah.

Trik ini sering digunakan di swalayan-swalayan kelas kecil menengah. Mereka menempelkan banyak stiker yang mengatakan memiliki kamera CCTV, padahal kamera yang dipasang adalah kamera palsu atau malah tidak ada sama sekali.

Bagi maling berpengalaman, trik ini sudah usang dan mereka akan segera tahu kalau Anda hanya menggertak. Tapi trik ini tetap akan menjadi pertimbangan bagi maling untuk pindah target.

Terangi Rumah Anda

Penting untuk diketahui bahwa penjahat meskipun menakutkan, mereka sebenarnya sangat gelisah dan gugup. Dan kelemahan tersebut bisa kita manfaatkan.

Lampu sensor gerak mungkin bisa menipu maling. Saat sensor lampu menangkap gerakan maling, maka ia akan menyala secara otomatis. Maling pun spontan berpikiran kalau ia telah ketahuan dan akan segera melarikan diri.

Bahkan jika mereka cukup cerdas untuk menyadari kalau lampu hidup dipicu oleh gerak, rata-rata maling tidak akan suka bekerja dibawah paparan lampu sorot.

Buat Maling Tak Bisa Menebak Letak Harta Anda

Biasanya orang akan menyembunyikan perhiasan berharganya ditempat yang ia pikir takkan diketahui orang lain.  Kadang di laci kaos kaki, dibawah kasur atau didalam bantal, ada juga yang menyimpannya di kotak deposit.

Tampaknya menyimpan di tempat-tempat seperti itu akan aman, tapi Anda harus mempertimbangkan untuk mengubah kebiasaan tersebut. Percayalah, tempat pertama yang akan dicari maling adalah tempat-tempat tersebut. Mereka paham luar kepala kebiasaan menyimpan orang. Bahkan bila memungkinkan, mereka akan membawa kotak deposit milik Anda dan membongkarnya di tempat aman.

Gantinya, hindari menyembunyikan barang berharga Anda di kantor atau kamar tidur. Pilihan lain adalah menyembunyikan di tempat yang tak terduga seperti dibawah wastafel dapur, diruang belakang atau di ruang bermain anak bila ada.

Namun pastikan Anda ingat dimana letaknya dan jangan sampai orang lain secara tak sengaja menemukannya.


Perkuat Pintu Rumah Anda

Teknik favorit maling memaksa masuk kedalam rumah diluar negeri adalah dengan menendang pintu. Di Indonesia, biasanya maling beraksi membongkar pintu rumah atau jendela menggunakan linggis.

Pertimbangkan memasang kunci tambahan pada pintu Anda, atau bila punya dana longgar, menambah pintu besi menjadi pelapis pintu utama cukup efektif. Ini akan membuat pencuri kesulitan membongkar pintu dan membuat mereka kehilangan minat untuk melanjutkan usahanya.

Yang perlu diperhatikan, pastikan pintu besi Anda mudah dibuka dari dalam dan letakkan kunci di tempat yang mudah ditemukan. Bila terjadi keadaan darurat di dalam rumah, Anda bisa segera keluar dengan mudah.


Sebisanya Jangan Biarkan Rumah Kosong Tanpa Penghuni

Pada banyak kasus, pelaku pencurian ternyata adalah orang sekitar rumah. Walau kita telah melakukan beberapa trik untuk membuat seolah-olah rumah yang kita tinggalkan berpenghuni, mereka akan segera tahu kalau rumah sedang kosong.

Opsi paling aman mengatasi kemungkinan ini adalah dengan tetap menempatkan seseorang tinggal di dalam rumah. Mintalah orang kepercayaan untuk menjaga rumah kita selagi mudik atau di tinggal dalam jangka waktu lama.

Bila Cukup Uang, Pasang Sistem Keamanan Asli

Ini adalah pilihan paling efektif namun cukup mahal. Seperangkat CCTV lengkap masih dikisaran harga 3 jutaan rupiah keatas. Bila Anda mengutamakan keselamatan isi rumah dan berkecukupan dalam finansial, memasang sistem keamanan rumah sangat disarankan. Harga pemasangan perangkat yang mahal akan sebanding dengan keamanan yang diberikan.

Untuk memangkas biaya, beberapa orang kreatif memasang sistem pengamanan CCTV buatan sendiri. Hanya dengan bermodal kamera webcam, beberapa meter kabel LAN dan sebuah komputer rumahan dengan software CCTV semisal ISpy akan banyak menghemat biaya. Kamera CCTV home made ini sudah memiliki kemampuan mendeteksi gerakan dan banyak kemampuan lainnya. Anda bisa mencari infonya di internet.

Sumber : http://www.littlethings.com/rubber-band-burglar

No comments:

Post a Comment