Latest News

Monday, June 20, 2016

Selain Sebagai Mesin Pencari, Ini 8 Fungsi Rahasia Google Yang Wajib Anda Tahu

terutamasehat.blogspot.com - Google telah menjadi mesin pencari dengan popularitas luar biasa yang dipakai untuk mencari segala bentuk informasi dan situs yang ada di dunia maya. Bahkan di Indonesia, saking kuatnya mesin pencari ini mampu menyediakan informasi, gelar "mbah", julukan yang biasa digunakan untuk 'orang pintar', sering disematkan di depan kata Google.

Tapi kekuatan Google tak sampai disitu, dengan kemampuan mengumpulkan informasi skala 'dewa', Google ternyata masih punya senjata rahasia yang sangat berguna untuk kita. Dari sekedar mengetahui jam berapa matahari di tempat Anda tinggal akan terbit dan tenggelam, menampilkan data cuaca lengkap kota Anda, melihat nilai tukar rupiah secara instan, mencari daftar lagu dari penyanyi favorit, bahkan Google sampai bisa mengetahui jadwal penerbangan Anda!


Semua ditampilkan secara langsung begitu Anda menekan tombol 'enter' tanpa harus masuk ke situs lain. Dengan memanfaatkan potensi Google dengan optimal, kita akan melakukan banyak hal lebih cepat dan pintar dari sebelumnya. Baik, inilah beberapa fungsi rahasia Google yang wajib Anda ketahui.

1. Kalkulator

Ok, ini mungkin tidak terlalu rahasia, tapi tetap sangat berguna. Bila Anda sedang asyik berseluncur di dunia maya dan tiba-tiba butuh kalkulator, dua opsi yang bisa Anda pilih; memakai kalkulator di Windows, atau tanpa perlu meninggalkan browser, Anda bisa langsung mengetik perhitungan di kolom pencarian google. Contoh: ketik 2 x 24 --> Enter, Google akan langsung menampilkan hasil beserta kalkulatornya.





2. Mengetahui Waktu Matahari Terbit atau Tenggelam

Terserah informasi ini digunakan untuk apa, yang jelas Google akan memberikannya untuk Anda bila dibutuhkan. Anda tinggal mengetikkannya di kolom pencarian, mis: matahari terbit di kupang, Google akan memberikan informasi pukul berapa matahari terbit di Kota kupang pada hari ini.



3. Mengetahui Informasi Cuaca

Google memberikan informasi cuaca secara real-time dan lengkap. Jika misalnya Anda ketik 'Cuaca Jakarta', ia akan menampilkan kolom informasi cuaca saat ini, lengkap dengan curah hujan, kelembaban dan kecepatan angin. Dan bila ingin mengetahui prakiraan cuaca kedepan, Anda tinggal klik pada grafik prakiraan  cuaca dari waktu ke waktu.


4. Mendapatkan Daftar Lagu Penyanyi Favorit

Ketikkan "lagu Judika", maka selain daftar link yang berhubungan dengan penyanyi Judika, di bagian paling atas Google akan menampilkan daftar lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Judika. Anda klik salah satunya, maka Anda akan langsung diarahkan ke video untuk ditonton.


5. Mendapatkan Daftar Buku Pengarang Favorit

Kita coba ketikkan nama pengarang sekaligus filsuf zaman dulu, "Buku Plato", Google akan menampilkan buku-buku karangannya. Ketika Anda mengklik salah satunya Anda akan diberikan informasi mengetahui buku tersebut.


6. Mengetahui Nilai Tukar Rupiah

Kadang kita harus mencari beberapa lama untuk bisa tahu berapa nilai rupiah terhadap mata uang lain saat ini. Namun dengan hanya mengetik "Dollar = Rupiah" di kolom pencarian Google, Anda akan mendapatkan informasi real-time posisi rupiah saat ini di pasar. Oya, karena nilai mata uang kita digitnya lebih banyak, jangan terbalik mengetiknya. Ganti Dollar dengan mata uang lain, Google akan dengan senang hati memberikan informasinya untuk Anda.


7. Mengetahui Jadwal Penerbangan Hari Ini

Misalkan Anda ingin terbang dari Medan ke Jakarta, Anda dapat mengetahui seluruh jadwal penerbangan hari ini dari Medan ke Jakarta dengan hanya mengetik "Penerbangan KNO - JKT". Anda bisa lebih spesifik, coba ketik "Penerbangan KNO - CGK". Informasi jam keberangkatan seluruh maskapai akan Anda peroleh.


8. Mengetahui Jadwal Penerbangan Pesawat Anda

Masih belum cukup, Google akan memberikan jadwal penerbangan pesawat sesuai nomor penerbangan. Coba masukkan "Penerbangan GA 181". Akan muncul data lengkap mengenai jadwal penerbangan pesawat tersebut. Mulai dari jam keberangkatan, jam kedatangan, bahkan info terminal dan gerbang. Jadi Anda tak perlu bingung lagi bila ingin menjemput orang di Bandara.



Pasti masih banyak lagi fungsi bermanfaat yang bisa dilakukan Google untuk Anda. Bila ada yang tahu fungsi rahasia Google lainnya, ayo berbagi disini.

No comments:

Post a Comment