Latest News

Sunday, October 8, 2017

8 Pandangan Keliru Dunia Barat Terhadap Indonesia

terutamasehat.blogspot.com - Elizabeth Pisani, seorang wartawati harian The Guardian, pernah bertanya tentang Indonesia pada orang-orang di London, New York dan Rio de Janeiro. Kompak, rata-rata mereka hanya bisa memegang dagu sambil garuk-garuk kepala. Yang sedikit berwawasan menjawab, "mungkin di sekitar sini" sambil menunjuk ragu-ragu ke arah peta Indocina atau Asia Selatan.

Meminjam kalimat pengusaha James Riady, Indonesia adalah 'the biggest invisible thing on the planet', benda terbesar yang tak terlihat di planet bumi. Meski merupakan negara dengan penduduk terbesar keempat di dunia, gaung nama Indonesia tak terlalu populer.


Untunglah sejak era internet mewabah, Indonesia mulai dikenal karena penduduknya merupakan pengguna Facebook dan Twitter terbesar. Meski demikian, tetap saja dunia barat belum banyak tahu tentang Indonesia. Bahkan bagi yang sedikit tahu, mereka malah cenderung memiliki pandangan keliru tentang negara kita.

Berikut delapan salah persepsi orang asing pada Indonesia.


Letak Indonesia berada di wilayah Bali

Kita pasti tertawa mendengar hal tersebut. Tapi begitulah faktanya, Bali lebih dikenal di banding Indonesia. Sampai-samapai mereka mengira Indonesia adalah bagian dari Bali. Padahal, Bali hanyalah satu dari 34 provinsi yang ada di Indonesia dan termasuk provinsi kecil dibanding besar wilayah provinsi lainnya. Bali memang telah mendunia. Orang barat menyebut Bali sebagai, Surga yang di anugerahkan Tuhan di bumi.



Indonesia adalah Negara Islam

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia dikira sebuah negara Islam. Agama memang berperan penting dalam membangun budaya dan jatidiri bangsa, tapi Indonesia sendiri menganut paham Pancasila dan mengakui sembilan agama berbeda. Pancasila telah mewakili aspirasi dan identitas diri semua warga Indonesia.


Penduduk Indonesia adalah suku terasing

Mungkin karena sangat jarang mereka dengar, maka orang Indonesia mereka anggap sama dengan orang-orang suku pedalaman Afrika yang nyaris telanjang dan hidup diatas pohon. Tak dipungkiri kita memang memiliki suku asli yang hidup di daerah terpencil, namun mayoritas (lebih dari 50%) penduduk Indonesia tinggal di perkotaan. Bahkan yang hidup di desa pun kini tak kalah modern dengan yang tinggal di kota.

Indonesia hanya memakai pakaian konvensional

Karena berpenduduk mayoritas muslim, mereka mengira gaya berpakaian kita sama dengan gaya orang arab. Padahal tren fashion Indonesia tak kalah dengan negara lain. Di kota-kota besar mereka akan melihat gaya anak muda Indonesia mirip dengan gaya anak muda di luar negeri (meski kadang seperti terallu dipaksakan).


Orang Indonesia cuma punya satu bahasa

Kita memang punya bahasa persatuan; Bahasa Indonesia (yang orang luar negeri sering menyebutnya hanya sebagai "Bahasa"). Yang tak banyak diketahui mereka, Indonesia yang terdiri dari beratus suku punya 746 bahasa berbeda. Mungkin Anda juga baru tahu, ya?


Indonesia adalah negara miskin

Generalisasi ini sebagai akibat dari ketidaktahuan mereka. Simpelnya, kita biasa menarik kesimpulan dari logika yang salah; negaranya jarang di dengar, tidak populer, pasti negara miskin. Ini jelas keliru. Meski kemiskinan merupakan isu yang sedang diperangi di Indonesia, negara kita tetap sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi positif dan salah satu negara berpendapatan per kapita terbesar di Asia. Jadi, penilaian mereka terhadap kita sekali lagi salah.
Dikirim oleh Tipsiana Ina pada 8 Oktober 2017

Makanan Indonesia sama dengan masakan India

Mungkin karena kemiripan nama, orang asing sering mengira Indonesia sama dengan India. Apalagi di peta dunia di bawah kepulauan Indonesia terdapat Indian Ocean (Samudera Hindia). Karenanya, masakannya juga pasti sama. Padahal masakan khas kita jauh berbeda dengan India. Btw, Rendang bahkan dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia versi CNN.


Indonesia adalah negara sarang teroris

Stereotip ini muncul sejak terjadi rangkaian peristiwa bom Bali yang terjadi di tahun 2002 dan 2005. Bom pertama menewaskan lebih dari 200 wisatawan dan penduduk lokal. Sedang yan gkedua menewaskan 23 orang.

Bali sebagai destinasi wisata dunia terguncang dan beritanya menyebar dengan masif ke seluruh dunia. Dan ini yang selalu menjadi ingatan buruk bagi wisatawan asing tentang Indonesia. Namun dengan penanganan serius pemerintah Indonesia terhadap jaringan teroris, Indonesia kini aman terkendali. Keamanan dan kenyamanan Bali juga telah kembali seperti sediakala.


Bonus:

Indonesia sering disebut sebagai "Wkwkwk Land"

Ketika pesulap Demian muncul dalan "American got Talent", banyak pemirsa luar negeri yang terkesan dengan penampilannya. Lucunya, mereka menyebut Demian bukan berasal dari Indonesia tapi dari negeri antah berantah yang disebut 'wkwkwk land'.


"I know this guy. he is from WKWKWKWK land" (Aku kenal orang ini, ia berasal dari negeri WKWKWKWK) seru seorang netizen asing. Tak sampai disitu, ada juga yang berkomentar, "I've been seen this guy on netflix before, he's from om telolet om country." (Aku pernah lihat pria ini di netflix sebelumnya, ia berasal dari negara "Om telolet om".

Entah, apa kita harus bangga atau terhina dengan sebutan tersebut.

No comments:

Post a Comment