Latest News

Friday, October 27, 2017

Cara Efektif Hilangkan Pestisida Pada Buah Sebelum Dimakan

terutamasehat.blogspot.com - Anda mungkin berpikir dengan menggosokkan apel ke kaos atau mencucinya dibawah kran air akan cukup untuk menghilangkan debu dan kotoran pada buah tersebut. Tapi yang sering tidak kita sadari, residu pestisida yang terkandung pada bagian kulit buah tersebut takkan hilang hanya dengan mencucinya dengan air.

Pestisida umum digunakan dalam dunia pertanian untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tanaman. Namun efek berbahaya dari residu pestisida bagi kesehatan manusia telah menjadi kekuatiran global selama bertahun-tahun.

Dalam industri makanan, mencuci buah-buahan sebelum disantap adalah prosedur standar yang harus dilakukan. Tapi pada beberapa tanaman, beberapa senyawa pelindung tanaman yang diserap oleh buah dan sayuran tidak mudah dilepas hanya dengan menggunakan air saja.


Kini ilmuwan dari American Chemical Society telah mengungkap bahwa dengan sebuah bahan rumah tangga biasa, residu pestisida yang terdapat pada permukaan buah ternyata dapat dihilangkan dengan mudah.

Menurut para peneliti, baking soda ternyata lebih efektif dibanding dengan bahan pembersih lain. Baking soda mampu menghilangkan dua jenis pestisida yang paling umum, yakni thiabendazole dan phosmet.

Saat menguji pencucian pada buah apel, larutan air yang mengandung 1% baking soda mampu menghilangkan 80% thiabendazole dan 96% phosmet setelah direndam selama 12 dan 15 menit.


Ilmuwan menjelaskan, perbedaan kemampuan menghilangkan kedua jenis pestisida tersebut disebabkan karena thiabendezole memiliki daya serap yang lebih tinggi pada apel. Thiabendazole mampu masuk kedalam jaringan apel hingga kedalaman 80 mikrometer sementara phosmet terdeteksi hanya masuk sedalam 20 mikrometer.

Sebagai perbandingan, mencuci apel dengan air biasa atau pembersih komersil selama dua menit, sesuai standar industri, jauh dari efektif.

Satu-satunya cara menghilangkan 100% residu pestisida adalah dengan mengupas kulit buah, ini menurut Dr. Lili He, pimpinan penelitian dari departemen sains makanan di Universitas Massachusetts, AS.

Sayangnya, nutrisi penting seperti senyawa polifenol, serat, pigmen, vitamin dan mineral akan banyak hilang bila kulit buah dikupas.

Pada prakteknya, mencuci apel dengan larutan baking soda dapat jauh menurunkan kandungan senyawa pestisida pada permukaan buah.

No comments:

Post a Comment